Beberapa Definisi Arificial Intelegence
Alan Turing [1956]:
AI adalah bidang yang memodelkan proses‐prosesberpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia.
AI adalah bidang yang memodelkan proses‐prosesberpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia.
H. A. Simon [1987] :
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adlah cerdas”
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adlah cerdas”
Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
Encyclopedia
Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
John McCarthy[1956] :
“AI adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.”
“AI adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.”
Sejarah AI
(1943-1956)
- Awal kerja JST dan logika
- Teori Logika (Alan Newell and Herbert Simon)
- Kelahiran AI: Dartmouth workshop - summer 1956
- John McCarthy’s memberi nama bidang: artificial intelligence
(1952-1969)
- McCarthy (1958)
- mendefinisikan Lisp
- menemukan time-sharing
- Advice Taker
- Pembelajaran tanpa pengetahuan
- Pemodelan JST
- Pembelajaran Evolusioner
- Samuel’s checkers player: pembelajaran
- Metode resolusi Robinson.
- Minsky: the microworlds (e.g. the block’s world).
- Banyak demonstrasi kecil ttg perilaku “intelligent”
- Prediksi over-optimistic Simon
(1966-1974)
- AI tidak mengalami perkembangan: ledakan perkembangan combinatorial
- Fakta bahwa suatu program bisa mendapatkan suatu solusi secara prinsip tidak berarti bahwa program memuat beberapa mekanisme yang dibutuhkan untuk mendapatkannya secara praktis.
- Kegagalan dari pendekatan terjemahan bahasa alami berbasis pada grammars sederhana dan kamus kata.
- Penterjemahan kembali yang populer English->Russian->English
- Penemuan untuk pemrosesan bahasa natural dihentikan.
- Kegagalan perceptron untuk belajar dari fungsi sederhana sebagaimana disjunctive/eksclusive OR.
- Penelitian pada JST dihentikan.
- Realisasi dari kesukaran dalam proses learning dan keterbatasan dari metode yang dieksplorasi
- Konsep pembelajaran simbolik (Winston’s influential thesis, 1972)
(1969-1979)
- Perubahan pada paradigma penyelesaian:
- Dari penyelesaian masalah berbasis “search-based” menjadi penyelesaian masalah berbasis pengetahuan.
- Sistem pakar pertama
- Dendral: menginferensi struktur molecular dari informasi yang disediakan oleh spektrometer massa.
- Mycin: diagnoses blood infections
- Prospector: merekomendasikan eksplorasi pengeboran pada lokasi geologi yang menyediakan suatu deposit mineral molybdenum.
(1980-1988)
- Sukses pertama Sistem Pakar secara komersial.The.
- Many AI companies.
- Eksplorasi dari strategi pembelajarqan yqang bermacam-macam (Explanation-based learning, Case-based Reasoning, Genetic algorithms, Neural networks, etc.)
1986-sekarang)
- Penggalian kembali algoritma learning back propagation untuk neural networks yang pertama dikenalkan dalam tahun 1969 oleh Bryson and Ho.
- Banyak aplikasi sukses dari Neural Networks.
- Kehilangan respek terhadap sulitnya membangun sistem pakar (macetnya knowledge acquisition).
·
Perubahan dalam cakupan dan
metodologi penelitian bidang Kecerdasan Buatan:
·
Membangun di atas teori yang ada,
bukan cuma mengusulkan teori baru;
·
berbasis klaim pada theorema dan
eksperimen, bukan pada intuisi;
·
menunjukkan
relevansi ke aplikasi nyata, bukan pada contoh “mainan”.
Subdisiplin
ilmu pada AI
• Sistem Pakar (Expert System) :
suatu sistem yang dirancanga untuk dapat menirukan keahlian sesorang pakar
dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah dimana sistem dapat berdialog
dengan manusia.
• Pengolahan Bahasa Alami (Natural
Language Processing) : pembuatan program yang memiliki kemampuan untuk memahami
bahasa manusia. Contoh : google translate, TTS (text to speech) alat bantu
membaca untuk tunanetra dsb.
• Pengenalan Ucapan (Speech
Recognition) : pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer
menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Contoh : Telepon untuk penderita
bisu Tuli, Alat untuk tuna wicara.
• Robotika dan Sistem Sensor :
sistem atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara
otomatis
• Computer
Vision : cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat
mengenali informasi•àobjek
yang diamati/diobservasi. Gambar
Intelligent Computer-Aided Instruction : komputer dapat digunakan
sebagai tutor yang dapat melatih mengajar. Contoh : Learn to Speak English.
• Game Playing: aplikasi permainan yang diprogram pada komputer sesuai dengan aturan yang ada pada basis pengetahuan. Contoh : permainan catur, kartu, dsb.
• Game Playing: aplikasi permainan yang diprogram pada komputer sesuai dengan aturan yang ada pada basis pengetahuan. Contoh : permainan catur, kartu, dsb.
Lingkup Kecerdasan Buatan Pada Aplikasi Komersial
– Bidang komunikasi : Ms. Voice
Command akan membuka aplikasi yang
disebutkan pengguna dengan intonasi dan àbahasa yang sesuai. Microsoft Dictation aplikasi yang dapat menuliskan apa yang
diucapkan pengguna secara otomatis. Masih banyak contoh lainnya.
– Bidang Kesehatan : untuk
penyandang cacat, contoh VUI (Voice User Interface), pengenalan ucapan untuk
melakukan kendali peralatan terentu, misal saklar listrik. Sistem pakar untuk
mendiagnosa suatu penyakit.
– Bidang
Lalu Lintas Udara : komputer digunakan untuk mengatur lalu lintas udara (Air
Trafic Controller - ATC), untuk mengetahui keadan cuaca, navigasi dan radar.
– Bidang Pertanian: komputer digunakan untuk mengontrol robot yang melakukan pengontrolan terhadap proses penyiraman tanaman, pemantauan hama, pemilihan hasil panen dan tugas lainnya didunia pertanian.
– Pabrik : mengontrol robot yang harus melakukan pekerjaan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia, pekerjaan yang sangat mengancam keselamatan,memerlukan ketelitian tinggi, pengawasan dan maintenance.
– Bidang Pertanian: komputer digunakan untuk mengontrol robot yang melakukan pengontrolan terhadap proses penyiraman tanaman, pemantauan hama, pemilihan hasil panen dan tugas lainnya didunia pertanian.
– Pabrik : mengontrol robot yang harus melakukan pekerjaan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia, pekerjaan yang sangat mengancam keselamatan,memerlukan ketelitian tinggi, pengawasan dan maintenance.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar